Kamis, 22 Desember 2011

Gestur Tubuh

Keberhasilan penampilan musik di atas panggung, tidak lepas dari fisik dan psikis sang pemusik. Penampilan secara fisik tidak bisa dianggap enteng dan bukan sesuatu yang otomatis setiap pemusik bisa melakukannya. Keseluruhan penguasaan alat-alat yang ada dalam tubuh kita, membutuhkan pengertian dan kesadaran maksud adanya pelatihan-pelatihan diri dalam kaitan penampilan di panggung. Namun demikian, gerakan tubuh manusia bukan satu-satunya penentu ekspresi. Keberhasilan dari pertunjukan resital dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain, alat-alat dan musik pengiring, akustik dari gedung pertunjukan, apresiasi pendengar, suasana hati atas penonton pertunjukan, etika pertunjukan, bahkan ideologi kinerja.

Ritme dalam gerakan ataupun suara bisa terwujud secara harmonis apabila masing-masing memiliki tehnik yang benar. Setiap manusia memiliki tempo dan ritme mereka masing-masing, hanya saja mereka tidak menyadarinya dan tidak mempelajarinya.
Gerakan tubuh terkait dengan karakteristik musik atau lagu yang dinyanyikan. Keseluruhan gerak tubuh itu memerlukan studi yang mendalam dari teks lagu maupun melodi yang melengkapi teks. Gerak tubuh  merupakan bagian dari penampilan audio-visual yang selama ini menjadi subjek untuk diselidiki dan di perdebatkan. Gerakan-gerakan spontan yang dilakukan seorang penyanyi atau seorang pianis tampak orisinil tidak dibuat-buat, dan itulah merupakan gestur, ekspresivitas penampilan penyanyi. Pada umumnya tiap gerakan direncanakan, tapi kadang ada gerakan yang terjadi di luar yang direncanakan, yang menjadikan akting lebih terlihat alami.

0 komentar: